Archive for April 2012

Cara Kerja System RFID di Waterpark   Leave a comment

Melanjutkan keterangan mengenai RFID yang sebelumnya telah saya jabarkan secara garis besar. Berikut ini adalah cara kerja secara keseluruhan sistem.

Sistem terdiri dari :

1. Sistem Ticketing dan Gate System,

2. Sistem Top Up,

3. Sistem Monitoring (Web base) dan

4. Sistem Maintenance (back office system)

Ad.1 Sistem Ticketing dan Gate System.

Tergolong dalam kelompok Front Office system, Sistem Ticketing yang saya buat berdasarkan pengalaman dalam hal analisa sistem. Langsung saja saya jelaskan alur kerja sistem Ticketing ini.

Ketika pengunjung datang, petugas ticketing langsung meletakkan Kartu RFID pada Card Reader untuk mengaktifkan menu produk dari waterboom tersebut (Pastinya ada menu untuk jenis kunjungan : Pengunjung Umum). Setelah menu aktif, dengan kartu tadi sepagai pemicu, petugas tiketing melayani pengunjung seperti petugas tiketing pada umumnya. Transaksi selesai, pengunjung mendapatkan struk tanda pembayaran dan sebuah kartu RFID. Kartu ini berfungsi sebagai pembuka pintu pada pintu masuk (turnstile) dan telah berisi informasi jumlah pengunjung yang akan masuk areal waterboom. Pengisian informasi ini terjadi secara otomatis pada saat petugas tiketing melakukan transaksi dengan pengunjung.

Di areal pintu masuk, terdapat sebuah layar monitoring yang menginformasikan kepada petugas jaga pintu masuk : berapa jumlah tiket yang dibeli.  Pengunjung dapat langsung mendekatkan kartu ke reader yang terdapat pada turnstile untuk membuka kunci turnstile. Kunci turnstile tersebut dapat terbuka sesuai dengan jumlah tiket yang dibeli oleh pengunjung, untuk kemudian kartu diserahkan ke petugas jaga, atau dibawa masuk kedalam, jika kartu tersebut difungsikan sebagai alat transaksi jual-beli di areal waterboom.

Terkesan sederhana dan simpel jika dilihat cara kerja secara praktek.  Namun dibelakang semua itu, inilah yang terjadi :

1. Ketika petugas kasir meletakkan kartu pada card reader : (a). Sistem akan mencari dan memunculkan menu-menu yang aktif dipakai pada hari itu. (b). Sistem melakukan cek, apakah hari itu hari libur atau bukan, untuk menentukan berapa harga jual tiket pada hari itu. (c) Sistem Melakukan cek mengenai keabsahan kartu yang dipakai dan melakukan clearing data untuk memastikan bahwa kartu tersebut bersaldo 0 (nol).

2. Ketika petugas kasir menekan perintah Print : (a). Sistem akan mencatat transaksi yang terjadi secara otomatis berdasarkan sistem jurnal umum akuntansi (debet : penambahan kas, kredit : pendapatan yang akan diterima dari pengunjung umum). (b). Sistem juga memperbaharui data jumlah pengunjung yang telah masuk berdasarkan jumlah pembelian tiket. (c) Sistem mencatat dalam database kartu, mengenai jumlah pengunjung yang bisa masuk ke areal. (d) Sistem otomatis mencatat pajak yang seharusnya dibayar (dapat disetting pajak PPh dan Pajak Dipenda).

3. Ketika pengunjung membuka gate dengan kartu RFID : (a) Sistem melakukan searching mengenai informasi jumlah pengunjung yang akan memasuki areal waterboom. (b) Sistem memerintahkan untuk membuka kunci pintu jika data telah valid. (c).  Sistem meng-update data kartu RFID bahwa pengunjung telah masuk areal. (c). Sistem akan melakukan jurnal balik terhadap pencatatan awal jurnal transaksi : sisi debet, pendapatan yang akan diterima dari pengunjung umum, sisi kredit, pendapatan dari pengunjung umum. Mengapa jurnalnya tidak langsung saja : kas di sisi debet dan  pendapatan disisi kredit ? Berdasarkan pengalaman, kadangkala pengunjung meminta uangnya kembali dengan berbagai hal sebagai penyebabnya. Sehingga, uang yang diterima petugas tiketing dari pengunjung tidak langsung dicatat sebagai pendapatan. Baru setelah pengunjung memasuki areal dicatat sebagai pendapatan yang sah, walaupun ada kemungkinan terjadi re-fund request dari pengunjung. (d). Sistem akan melakukan clearing data pada kartu RFID  jika seluruh pengunjung telah memasuki areal sesuai jumlah tiket yang dibeli.

Tiga hal pokok itulah yang dikerjakan oleh sistem. Dan hanya dalam hitungan detik !!

Dari ketiga hal tersebut diatas, yang dapat dilihat secara real time adalah :

1. Laporan Buku besar pengunjung (standar akuntansi)

2. Monitoring Pengunjung secara lokal online maupun internet (optional).

3. Data lain yang diperlukan oleh sang Owner tentunya…

Sampai sini, jika anda berminat atau sekedar ingin meminta kami untuk presentasi ditempat anda, klik disini

Posted April 21, 2012 by Andi Rafik in MySQL, RFID, Turnstile, Vb6 Programming

Tagged with , ,