Archive for February 2011

Membercard & Entry Card dengan Chips RFID   4 comments

Saat ini, saya sedang mengembangkan sistem membercard, atau lebih tepat dikatakan sebagai Kartu Discount, disebuah Waterboom di daerah Cikarang. Kartu ini mengusung Chips Radio Frequency Identification (RFID) sebagai media penyimpan data. Sebagai gambaran, kartu ini telah dipakai oleh Bank BCA dengan produk kartu Flazz BCA dan kartu E-Toll yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri yang bekerjasama dengan salah satu penyedia jasa Toll.

Kembali ke pengembangan yang saya lakukan. Sistem dimulai pada saat pembuatan membercard tersebut.  Setiap membercard memiliki nomor yang diproduksi secara random sebanyak 16 Digit oleh software yang saya buat tersendiri.  Kemudian dilanjutkan dengan penulisan nomor yang telah ada ke RFID yang berbentuk Kartu standard seperti yang dipakai untuk ATM. Proses penulisan menggunakan hardware CardMan 5321 keluaran Omnikey.

  

Kartu belum dapat dipakai, setelah kartu sudah ada “tuannya”, kartu diregistrasi secara online oleh agency yang menerbitkan kartu tersebut secara web-base. Saya menggunakan bahasa PHP untuk sistem registrasi ini. Setelah diregistrasi, barulah kartu tersebut dapat digunakan oleh sang pemilik untuk masuk ke wahana waterboom tersebut.

Di waterboom sendiri, petugas tiketing hanya tinggal menempelkan kartu tersebut ke alat yang sama pada proses penulisan data ke kartu tersebut, transaksi dapat dilakukan. Software tiketing akan otomatis memeriksa apakah kartu tersebut telah terregistrasi atau belum.

Kartu dipakai juga sebagai alat transaksi khusus di dalam areal waterboom, dengan cara topup terlebih dahulu di tempat topup yang telah disediakan. Jadi orang dapat dengan bebas berenang tanpa harus membawa uang cash jika ingin berbelanja di areal tersebut.

Rencananya, sistem ini akan di launching pada bulan Maret 2011.

Integrated Programming Multi-Language   2 comments

Pengalaman adalah guru yang paling baik….
Kata bijak yang saya telah buktikan sendiri dalam hal pemrograman dengan multi bahasa programming, yaitu Visual Basic dan PHP. Program ini saya rancang untuk salah satu kolam renang (waterboom) terbesar di Indonesia (Maaf tidak dapat saya sebutkan). Core dari program adalah untuk sistem tiketing, yang terintegrasi dengan sistem accounting. Bahasa VB digunakan untuk menjalankan sistem tiketing, kemudian saya menggunakan bahasa PHP untuk local online monitoring. Sedikit cerita, local online monitoring dipakai hanya oleh orang yang berkepentingan saja, sebut saja direktur. Sang direktur hanya perlu duduk manis didepan komputernya sambil melihat pergerakan pengunjung yang masuk berikut uang yang diterima secara local online. Database yang dipakai adalah MySQL, lumayan kuat juga untuk sebuah software gratisan!!

 I have proved  by my self in  case of my own project with multi programming Ianguage, that is Visual Basic and PHP. This software built and designed for the biggest waterboom in Indonesia. Designed for the system of ticketing, where integrated with accounting systems. Created with VB6 used to run on ticketing system, then I wrote with  PHP language for local online monitoring. A litle stories, local online of monitoring weared only by just the interested parties,  lets say director. The director just watch from his own computer at the same time to see mutation of the visitor entering followed by received cash money  transported data via local onlinely. Weared  MySQL as my database,  strength enough for free of charge software!!

 



Posted February 16, 2011 by Andi Rafik in MySQL, Vb6 Programming